Sunday, February 11, 2007

ADA APA DENGAN KERINGAT

suka nonton TV yang menanyangkan iklan sebuah produk untuk mengurangi keringat berlebihan....pasti anda kenal dengan produk tersebut karena iklannya dibuat dengan sangat menarik,seolah - olah bila berkeringat di ketiak akan membuat seseorang menjadi panik dan kurang pede, sperti yang diperagakan oleh bintang iklan tersebut yang berlari kesana kemari seperti banteng ketatoan.......terlalu di dramatisir menurut saya......tapi itulah iklan.......

sebenarnya keringat dapat mendeteksi suatu gangguan yang sebenarnya tidak disadari oleh kita. faktor yang membuat kita berkeringat secara berlebihan adalah ketika kita sedang stress atau cemas. disini beberapa penyakit yang dapat dideteksi melalui keringat biarpun ini sangat jarang :

1. gangguan endokrin : tirotoksikosis, akromegali, hipoglikemia, hipogonadisme (khusus pada menopause).

2. penyakit kardiovaskuler : takiaritmia paroksimal, sering menyebabkan keringat paroksimal. gangguan fungsi ventrikel yang buruk juga dapat menyebabkan berkeringat secara berlebihan ketika beraktifitas.

3. nyeri : nyeri yang hebat dapat menimbulkan keringat, ada sebahagian orang berkeringat walaupun nyerinya relatif ringan.

4. penyakit inflamasi : termasuk didalamnya kanker sserta infeksi kronis.

untuk mengecek atau mengetahui apa yang menyebabkan kita berkeringat secara berlebihan perlu dilakukan pengecekan laboratorium seperti thyrois stimulating hormon (TSH) untuk mengetahui peradangan, hormon pertumbuhan dalam hal ini adalah insulin growth faktor - 1 (IGF-1) yang berfungsi untuk mengetahui akromegali. katekolamin urin yang berguna untuk feokromositoma, glucosa puasa dan insulin untuk hipoglikemiia dan FSH/etradiol + testosteron untuk mengetahui hipogonadisme.

perawatan yang dilakukan adalah dengan mencari penyakita yang menyebabkan hal tersebut terjadi. bila tidak ditemukan penyebabnya yang jelas. maka dianjurkan untuk memelihara personal hygine yang baik serta menggunakan antipersipiran dalam hal ini deodorant untuk ketiak.

jadi hati - hati dengan keringat yang berlebihan siapa tahu anda menderita penyakit tertentu yang mungkin tidak anda sadari sebelumnya.

No comments: