Friday, February 9, 2007

BAGAIMANA CARANYA MENJADI MAHASISWA KEPERAWATAN

keperawatan merupakan subjek yang nampak menakjubkan dan sekaligus menyeramkan. bukan hanya membutuhkan kepintaran yang tinggi, tetapi juga sangat banyak hal - hal yang mesti dipelajari. dalam mempelajari keperawatan tidak hanya dituntut untuk mempelajari ilmu pengetahuan, tetapi juga harus memiliki :

1. rasa kemanusiaan yang kuat, dalam arti tertarik dengan manusia. ingat manusia sama seperti kita, perlakukan dirinya layaknya kita sedang berhadapan dengan kita sendiri.

2. berminat pada masalah pasien, penyebab dan bagaimana melakukan perawatannya.

3. kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik. calon perawat yang profesional akan mendengar dengan empati dan tidak menghakimi.

4. memiliki kemampuan untuk merangkaikan data dan fakta secara baik dan bisa menyampaikan dengan jelas pada pihak - pihak yang berkepentingan.

5. selalu mencari ilmu yang up to date, jangan selalu berharap dari diktat dosen ataupun dosen. karena dosen juga manusia sama seperti anda.

6. kemampuan untuk menyadari kekurangan pengetahuan/ ketrampilan yang dimiliki dan selalu menpelajari pengetahuan serta ide - ide baru dari sumber terbaik yang dapat di peroleh.

7. kemampuan untuk mengakui kesalahan dan belajar darinya. keledai saja yang tidak pernah belajar dari kesalahan......kita berharap tidak seperti keledai....

8. pengetahuan ekomomi, politik, budaya dan spiritual serta sistem pelayanan kesehatan, sehingga dapat memberikan yang terbaik bagi pasien.

How to learning
rasanya aneh kalau mahasiswa hanya diajarkan dilaboratorium, dengan patung yang tidak dapat diajak berinteraksi, padahal manusia tersebut unik artinya rambut sama hitam tetapi memiliki perilaku yang berbeda - beda. disini diharapkan mahasiswa dapat memiliki keseimbangan antara pengetahuan, skill dan bagaimana bersikap dengan manusia. skill dapat diperoleh di lab, pengetahuan diperoleh dikelas, sedangkan menghadapi manusia tentu tidak sama dengan patung........sehingga mahasiswa harus :

1. bertatap muka dengan pasien untuk mengasah ketrampilan komunikasi.

2. mengetahui dengan pasti tanda dan gejala untuk mengasah ketrampilan menulis dan pemeriksaan fisik.

3. menyusun diagnosa keperawatan untuk mengasah ketrampilan dalam membuat diagnosa.

4.mempresentasikan hasil pemeriksaan pada perawat senior, Clinical intruktur, dosen, untuk mengasah ketrampilan presentasi.

5. mengamati kemajuan pasien ( evaluasi) untuk mengetahui perkembangan pasien dari menit, jam sampai hari. serta mengetahui apakah tindakan keperawatan yang diberikan telah tepat.

yang terakhir adalah bagaimana seorang mahasiswa bersikap diruang keperawatan. yang mungkin asing bagi mereka.

1. perkenalkan diri anda pada perawat dan staf lainnya. sehingga mereka mengetahui apa yang anda lakukan disana.

2. selalu hargai privasi pasien, mereka berhak menolak anda....hargai penolakan tersebut.

3. mintalah izin sebelum melakukan pemeriksaan.

4. bantu pasien mengenakan kembali baju atau celana setelah anda selesai melakukan pemeriksaan, jangan biarkan ia berusaha sendiri seolah -olah anda tidak ada di saat itu.




di adaptasi dari: at glen medicine.

No comments: