Wednesday, February 14, 2007

KANKER PROSTAT : Seks dan Tomat


sebelum adanya penelitian yang di lakukan terhadap kanker prostat. banyak individu yang menghubung - hubungkan seks sebagai penyebabnya. isu yang beredar saat itu mengatakan bahwa bila melakukan hubungan seks dengan intesitas yang sedikit berlebihan maka dihari tua akan menderita penyakit tersebut.

apakah perempuan akan menderita penyakit tersebut.......tentu saja tidak karena wanita tidak dianugerahi kelenjar prostat, kecuali Tuhan menghendakinya.

seks merupakan anugerah yang diberikan Tuhan bagi manusia. tentu saja anugerah tersebut selalu dijaga agar hidup manusia tersebut menjadi harmonis dan bahagia. apa jadinya manusia tanpa seks........ini ibarat bumbu tanpa garam....hambar pastinya.

jadi apa benar kanker prostat timbul akibat hubungan seks dan apapula hubungannya dengan tomat ?.
hampir sebahagian kanker prostat terjadi tanpa penyebab yang jelas. riwayat keluarga, terpaparnya radiasi,serta polutan lingkungan mungkin berperan dalam terjadinya penyakit ini.

biasanya kanker prostat awal tidak menimbulkan gejala. timbulnya obstruksi (prostatigmus) berlangsung lambat. ini dikarenakan tumor dimulai dari bagian perifer kelenjar,kecuali sekunder bila pasien tersebut menderita hipertropi prostat jinak. terkadang pasien juga mengalami hematuria dan nyeri pada perineum. pasien yang melakukan pemeriksaan ke medis sering dijumpai telah bermetastasis ke organ lain serta menimbulkan gejala yang bersifat konstitusi berupa berat badan menurun, anemia, nyeri tulang, limfadenopati,atau gangguan neurologis.

metastasis kanker prostat yang tersering adalah ke tulang. penyebaranya dapat melalui sistem limfatikus menuju nodus limfatik pelvis regional dan menuju ke nodus abdomen, metastasis viseral juga dapat terjadi.

untuk mengetahui secara pasti apakah pasien tersebut menderita suatu penyakit. maka dibutuhkan pemeriksaan penunjang untuk memastikan diagnosa.
1. ultrasonografi tranrektal yang berguna untuk mengetahui lesi kecil diperifer, dengan biopsi sextant.

2. menilai kadar biokomia dalam hal ini adalah prostate specific antigen (PSA). bila dijumpai kadar serum PSA > 10 ui mengindikasikan adanya metastesis. PSA juga dapat meningkat pada pemasangan kateter yang lama.

3. pemerikasaan radiologi dapat berupa CT-Scan pada area abdomen dan pelvis untuk menemukan nodus pada pelvis dan abdomen. foto thorak dan isotope bone scan di perlukan adanya penyebaran.

therapi yang dipakai dapat berupa : pembedahan (surgery), radioterapi dan menunggu perkembangannya.

secara insidensi kasus kanker prostat 7% dari semua kanker dan mungkin melampui kanker paru sebagai kanker penyebab kematian yang paling banyak. untuk itu dibutuhkan pencegahan agar hal ini tidak terjadi pada diri kita. Bukankah mengobati lebih mahal dibandingkan dengan mencegah.

penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University, tomat memiliki zat yang disebut dengan LYCOPANE. lycopane memiliki kandungan antioksidan serta membantu penanganan pada kanker prostat. sebenarnya bukan hanya itu kehebatan si tomat, ia mengandung fomatine yang berkhasiat sebagai anti-radang,karoten, dan asam sitrat.si tomat yang bentuknya bulat terkadang berlekuk - lekuk layaknya Je-LO juga mengandung karbohidrat dan protein (asam amino). asam amino berfungsi untuk mengantikan sel yang rusak. jadi jangan heran si tomat yang murah ini sering digunakan sebagai detoksifikasi tubuh dalam bentuk terapi jus.

seks yang wajar dan sah akan menambah gairah hidup dan keharmonisan rumah tangga ditambah dengan segelas juice tomat bikin hidup tambah hidup

No comments: