Saturday, April 21, 2007

Estimasi lamanya pemakaian kateter

Kateter merupakan suatu alat yang dimasukkan kedalam uretra sampai ke vesica urinary. Sebenarnya kateter terbuat dari material tertentu, dimana material tersebut menentukkan berapa lama alat tersebut bisa tetap berada di dalam tubuh pasien.

1. kateter yang menggunakan bahan yang terbuat dari plastik digunakan hanya untuk periode yang singkat ( dibawah 1minggu ), karena bila lebih kateter tersebut menjadi tidak fleksibel.

2. kateter yang terbuat dari bahan latex atau rubber, dapat dipertahankan di tubuh pasien dengan jangka waktu 2 sampai 3 minggu.

3. kateter yang terbuat dari bahan silicon, mempunyai waktu yang lebih lama dan digunakan pada pasien yang membutuhkan pemasangan kateter yang lama, biasanya dapat dipertahankan 2 sampai 3 bulan. Kelemahannya.....otomatis barang bagus pasti.......................................mahal.

4. kateter dengan bahan dari PVC, dapat dipertahankan di dalam tubuh pasien dengan jarak waktu 4 sampai 6 minggu, bahan ini lembut dan nyaman untuk uretra.

Yang terpenting disini bukan lamanya alat tersebut berada didalam tubuh pasien, tetapi bagaimana alat tersebut dapat meminimalkan penderitaan pasien. Otomatis perlu adanya peran perawat dalam melakukan perawatan pada alat tersebut untuk mencegah jangan sampai alat tersebut menjadi sumber infeksi bagi pasien.

No comments: