Saturday, April 21, 2007

Ketika Si Kuku berbicara banyak Hal.

Kuku merupakan bagian dari jari, tanpa adanya kuku maka manusia akan mengalami kesulitan ketika mengambil benda yang kecil seperti jarum yang terletak di atas kaca. Perubahan pada Kuku terkadang dapat memberikan arti yang bermakna untuk menjelaskan suatu penyakit tertentu. Ini beberapa temuan di kuku yang menyertai penyakit tertentu.

1. Garis BEAU, merupakan alur melintang sejajar dengan lunula, sering kali menyertai suatu infeksi atau penyakit hati atau ginjal. Kelainan ini disebabkan penyakit yang menghambat pertumbuhan kuku atau menghentikan pertumbuhan kuku untuk interval pendek.

2. Pita Mae, guratan – guratan putih yang melintang pada kuku, terjadi akibat keracunan arsen yang menahun atau penyakit atau penyakit sistemik akut.

3. Kuku Lindsay sering disebut dengan “kuku setengah - setengah “, bagian proksimal dasar kuku keputihan sedangkan bagian distal berwana kemerahan atau merah muda. Penyakit ginjal menahun dan azotemia biasanya sering disertai dengan kelainan kuku jenis ini.

4. Kuku Terry, dasar kuku putih 1 – 2 mm batas distal kuku. Sering dijumpai pada sirosis dan hipoalbunemia.

5. koilonikia, disebut juga kuku sendok. Lempeng kuku tipis dan timbul depresi mirip mangkuk. Sering ditemui pada pasien dengan anemia zat besi dan sering juga disebabkan oleh iritan pada kuku tersebut.

No comments: