Thursday, April 5, 2007

Efek terlambat bagi staf yang lain

Siapa yang tidak pernah terlambat, pasti diantara kita pernah terlambat masuk kantor dengan alas an macet di jalan ataupun dengan alasan yang mungkin bikin kening berkerut. Bagi pihak kantoran yang hanya satu shift kerja tidak terlalu bermasalah, tapi bagi kita perawat atau petugas yang mempunyai shift jaga lebih dari satu mungkin akan bermasalah.

Kenapa hal ini bisa menjadi masalah, kita akan buktikan setelah pesan – pesan berikut ini……kok malah jadi ke iklan.

Oke deh kita buktikan dengan hitungan matematika…..padahal matematika merupakan pelajaran yang paling saya hindari kalo masih disekolahan, ngak nyangka rupanya bisa bermamfaat juga buat saya.

Kita anggap saja perawat A selalu berdinas pagi dan mempunyai kebiasaan terlambat, telah sering ditegur oleh atasan tetapi tetap enjoy aja…mungkin dia telah terpengaruh dengan iklan rokok tersebut. Masuk kantor atau ruangan jam 8.00 wib, tetapi ia selalu masuk jam 8.15 wib dengan alas an mengantar anak sekolah.

Kalau dilihat terlambat 15 menit mungkin tidak terlalu memberi makna kalau hanya dilihat secara sekilas.

Sekarang kita hitung apa kerugian yang akan di alami oleh staf yang berjaga malam tersebut.

Dinas pagi dimulai : 8.00 – 14.00 atau 6 jam kerja.
Dalam seminggu adalah 6 hari kerja efektif sedangkan minggu libur.

Bila seminggu 6 hari kerja maka : 15 menit x 6 = 90 menit dengan kata lain dalam seminggu ia telah menambah jam kerja dinas malam sebanyak 1 jam 30 menit.

Ah...Cuma sejam lebih dikit ngak masalah tuh...mungkin itu pikir perawat A.

Sekarang kita hitung dalam sebulan. Kita misalkan bulan januari mempunyai 31 hari dengan perkiraan masa kerja efektif 25 hari.
Maka 15 menit x 25 = 375 menit atau 6 jam 25 menit.

6 jam dalam sebulan emang gue pikirin........

oke deh moga aja ini bisa bikin perawat A jadi merasa kasihan pada petugas malam. Mari Kita hitung dalam setahun gimana nih hasilnya. Dalam setahun terdiri 12 bulan atau 365 hari, bila dikurangi dengan hari libur dan cuti tahunan (12hari), maka didapat hari kerja efektif kira – kira 288 hari. Sehingga bila di hitung dalam setahun akan kita dapat hasil : 15 menit x 288 = 5184 menit atau 86 jam, bila kita ubah ke hari menjadi 3 hari 6 jam. Wow.......fantastis.......

sekarang akan kita jabarkan apa maksud 3 hari 6 jam tersebut..
3 hari 6 jam tersebut artinya perawat malam akan mendapat dinas tambahan yang mungkin tidak disadari olehnya. Dengan kata lain ia mengalami kelebihan jam dinas.
Kelebihan jam dinas ini tidak akan dibayar oleh instansi manapun karena hanya 15 menit pershift.

Akumulasi dari 15 menit dalam setahun tersebut menjadi 3 hari 6 jam dan kalau kita ubah kehari kerja efektif menjadi 13 hari ( rata – rata 6jam/hari)……weleh…..weleh.kasihan betul tuh teman dah kelebihan jam jaga ngak dibayar pula…apes …apes

Inilah yang disebut dikit – dikit lama –lama jadi bukit…….kebetulan ini nabung yang ngak enak.

kita masih menganggap remeh hal tersebut, terkadang kawanpun toleransi terhadap tindakan tersebut, tetapi toleransi yang berlebihan kadang membawa kerugian yang tanpa kita sadari.

Mungkin istilah time is money emang betul adanya………hanya kita yang menghargai waktu saja yang tahu.

Ini hanya estimasi saja…..bagi yang berminat untuk melakukan penelitian mungkin ini bisa dijadikan bahan untuk di teliti.

No comments: