Tuesday, March 13, 2007

Up date DVT ( deep vein trombosis )

Ini adalah hasil penelitian terbaru para ilmuwan dari Medical Research Institute di Wellington, Selandia Baru. Berdasarkan riset mereka, sepertiga pasien trombosis vena dalam (deep vein thrombosis/DVT), adalah para pekerja kantoran yang sehari-harinya lebih banyak di depan komputer.Sebanyak 34 persen dari 62 pasien mengaku mereka duduk di depan komputer untuk waktu lama. Sedangkan pasien yang mengalami trombosis karena baru melakukan perjalanan jauh hanya 21 persen.

Menurut tim peneliti, para pekerja kantoran yang rentan mengalami sumbatan pembuluh darah adalah mereka yang sering duduk di depan komputer selama empat jam tanpa bergerak sama sekali, biasanya terjadi pada para pekerja di bidang teknologi informasi dan pusat informasi (call center).

Salah satu faktor untuk menghindari terjadinya sumbatan pembuluh darah adalah dengan menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup serta menghindari dehidrasi agar tidak terjadi pengentalan darah (kompas.com).

kalo kita lihat info yang di dapat itukan lebih pada orang yang normal. artinya masih sehat tetapi kurang kerjaan aja alias kerjaannya cuma duduk melulu.kayak saya yang sedang ngetik artikel ini......he....he....

mungkin kita akan timbul sedikit pertanyaan, bagaimana pada pasien yang tidak sadar...apakah dia akan terkena DVT. jawaban saya jelas...kemungkinkan pasti terkena DVT, tapi ada slogan yang dah kuno tapi masih ampuh sampai sekarang...lebih baik mencegah dari pada mengobati, rasanya cukup ampuh slogan tersebut untuk pencegahan DVT.

ini sedikit pengalaman ketika mengikuti pelatihan dengan perawat dan dokter dari Boston. mereka menganjur kan kepada kita agar pasien tersebut diberikan Heparin 5000 UI/ 8jam sub cutan atau lovenox 40 mg/hari subcutan, bisa juga dengan antiemboli stoking dan yang terakhir dengan berjalan (Walking). diharapkan dengan tindakan yang telah kita lakukan tersebut,DVT dapat dicegah.HOW about aspirin....rupanya aspirin kurang ampuh untuk pencegahan DVT ini disebabkan kerja aspirin lebih pada Platelet sedang pembentukan DVT cenderung pada fibrin. jadi aspirin lebih oke diberikan pada pencegahan MCI bukan pada DVT. Inilah sedikit pengalaman dan ilmu setelah mengikuti pelatihan dengan mereka.

bukankah mengobati lebih mahal dari pada belanja di Mall.....

No comments: