Friday, March 16, 2007

Sekilas tentang Mamografi

mamografi merupakan suatu proses pemeriksaan payudara dengan menggunakan sinar-X dosis rendah biasanya sekitar 0,7 mSv yang dapat mendeteksi berbagai macam tumor dan kista. Mamografi telah terbukti mengurangi angka mortalitas akibat Ca.mamae kalau wanita sering diajak "kencan" secara rutin (tahunan sampai lima tahun) untuk pemeriksaan ini.

dalam proses pemeriksaan, biasanya payudara ditekan dengan mesin mamografi untuk meratakan jaringan, meningkatkan kualitas citra dan untuk menahan payudara pada tempatnya ( untuk mencegah pencitraan yang buram). Bagian samping dan depan payudara kemudian dipindai. wanita yang melakukan pemeriksaan tersebut dianjurkan untuk tidak menggunakan deodorant, bedak talk atau losion karena bisa tertangkap pada hasil sinar-X sebagai noda kalsium.makanya penting bagi perawat untuk menjelaskan pada pasien persiapaan apa aja yang mesti dilakukan ketika akan dilakukan mamografi.

biasanya untuk pemeriksaan cancer payudara dilakukan secara berjenjang yang meliputi screening mamografi, diagnostic mamografi, dan terakhir biopsi.
seringkali wanita merasa stress bila diminta untuk melakukan diagnostic mamografi,maklum lah kalau dari hasil mamografi tersebut terdeteksi adanya Cancer....habislah kenikmatan hidup ini.....tapi jangan kuatir dulu, sepantasnya kita beritahu kepada pasien bahwa hanya 70 dari 1000 orang saja yang diminta untuk melakukan diagnostic mamografi, setelah itu hanya 10 dari 70 orang yang mesti dilakukan biopsi, sedangkan yang lain biasanya merupakan kasus jinak......kalo istri kita termasuk kelompok yang 10 ......mungkin kita bakalan stress juga ya..he...he...

nah dari 10 orang yang melakukan biopsi, sekitar 3,5 akan terdeteksi kanker sedangkan yang lainnya 6,5 tidak terdeteksi, sekitar 2 mempunyai stadium dini dan akan sembuh bila dilakukan perawatan.(parameter nov-des 2006 )

makanya jangan ragu untuk melakukan screening atau sadari(periksa payudara sendiri).....bila ada sesuatu yang menganjal langsung aja ke pihak yang lebih mengerti tentang hal tersebut.

orang bijak tau kapan harus memeriksakan diri.......

No comments: