Friday, January 26, 2007

KENAPA RAMBUT BISA MENJADI PUTIH.


Kalau anda pernah menonton film Dalmatians,film yang bercerita tentang anjing bertutul yang berjumlah 100 ekor. Pasti anda memperhatikan bandit perempuan tersebut, dimana rambutnya ada yang berwarna yang posisi nya sangat “strategis”.
Sebenarnya apa yang menyebabkan rambut menjadi putih. Warna rambut selalu berhubungan dengan melanin. Melanin adalah pigmen pewarna yang diproduksi oleh sel melanosit yang ada di akar rambut. Melanosit inilah yang menentukan apakah rambut seseorang berwarna cokelat, pirang, ataukah hitam. Sebenarnya, ini tak beda dengan warna kulit. Kulit manusia yang berwarna putih, hitam, atau sawo matang bergantung pada melaninnya.
Dengan berjalannya waktu, uban akan tumbuh di kepala orang-orang berusia 50-an ke atas, karena di usia itu aktivitas dan kapasitas sel-sel tubuh menurun. Gejala ini disebut degenerasi sel-sel tubuh atau dikenal proses Aging (penuaan). Ketika itu terjadi, aktivitas sel melanosis juga ikut menurun dan secara bertahap akan pensiun total, produksi melanin terhambat, lalu berhenti diproduksi sama sekali. Efeknya, rambut yang semula berwarna gelap berubah menjadi putih.

Beberapa factor yang menyebabkan uban dini:
1.pengaruh genetic
2.autoimmune disorder
3.penyakit infeksi : herpes, vitiligo
4.penggunaan zat – zat kimia : obat pelurus rambut, keriting rambut,dll
5.stress
6.kekurangan vitamin B12 : anemia megaloblatik, biasanya terjadi uban pada anak – anak, akibat operasi pada lambung dan usus sehingga menganggu penyerapan vitamin tersebut.

Beberapa hal yang mesti diketahui oleh kita sebagai orang tua bahwa penggunaan obat – obat pewarna rambut pada usia dini ( anak – anak ) akan menyebabkan kanker pada usia dewasa. Bagi orang tua yang ingin rambut anaknya berwarna lain daripada yang lain, alangkah bijaksananya kalau kita menggunakan zat warna yang terbuat dari tumbuh – tumbuhan.

Beberapa cara untuk mengurangi uban pada usia dini :
1.jauhi stress yang berlebihan, orang yang sering berpikir keras membutuhkan pasokan makanan atau sumber energi lebih besar. Bila ini diabaikan, daya tahan tubuh akan menurun. Ujung-ujungnya proses degenerasi sel, di antaranya timbulnya uban, dapat terjadi.

2.selalu siapkan menu seimbang atau pola makan sehat, bila anda tidak mengetahui bagaimana pola menu sehat, anda dapat berkonsultasi dengan para ahli gizi yang sekarang telah ada di setiap rumah sakit dan klinik.

3.berhati – hatilah menggunakan zat pewarna rambut, jangan menggunakan bila kulit kepala sedang terinfeksi atau mengalami luka,karena zat kimia dari rambut akan masuk kedalam darah yang dapat meracuni anda. Alangkah naifnya kita kalau kita ingin dikatakan trendi tapi berakibat buruk bagi kesehatan.

4.jagalah selalu kebersihan kulit kepala, kulit kepala yang kotor dan jarang dibersihkan memudahkan hinggapnya jamur dan bakteri yang berakibat rusaknya sel rambut.

Tidak ada salahnya kalau kita sekarang kembali kealam atau istilah kerennya back to nature, karena yang diberikan oleh Sang Pencipta pasti lebih sempurna dari pada ciptaan manusia itu sendiri.

No comments: