Saturday, May 12, 2007

Diciptakan, Golongan Darah Tipe Universal

Membuat golongan darah universal. Ini adalah riset yang sedang dilakukan tim peneliti dari Universitas Copenhagen, Denmark.


Nantinya tidak akan ada lagi golongan darah tipe A,B, atau AB, karena semuanya akan bergabung menjadi golongan O sebagai tipe donor universal.

Golongan darah ditentukan oleh jenis molekul yang disebut agglutinogen yang terdapat pada permukaan sel darah merah. Darah tipe A,B atau AB bisa menjadi serumpun jika digabungkan, tetapi golongan darah tipe O tidak bisa "bersatu" dengan ketiga tipe lainnya.

Selama lebih dari dua dekade, para peneliti mulai melakukan pengujian konsep untuk menghilangkan protein pada permukaan sel darah merah. Jika protein tersebut bisa dihilangkan maka akan tercipta sel darah yang universal. Di tahun 2000, hasil riset berhasil menemukan bahwa darah tipe B bisa diubah menjadi darah tipe O, yang akan bekerja dengan normal ketika diberikan pada tipe A dan O. Namun, hal ini tergantung pada besarnya jumlah enzim saat proses penggabungan.

Dalam riset terbarunya, Dr.Henrik Clausen dan tim membuat dua jenis enzim yang sebelumnya belum diketahui jenisnya. Kadar enzim dalam jumlah sedikit ternyata secara efektif mampu menghilangkan agglutinogen dari darah tipe A dan B. Kemajuan riset ini dimuat dalam jurnal Nature Biotechnology edisi April versi online. "Proses penggabungan enzim yang kami lakukan semakin meyakinkan bahwa memproduksi sel darah merah tipe universal adalah mungkin. Dengan dihapuskannya tipe darah seperti yang saat ini ada bisa membantu keamanan dari transfusi darah," kata Clausen.
(Idionline/KCM)

No comments: